Senin, 29 Februari 2016

Pulsa Elektronik apa Pulsa Elektrik ?

Di jaman teknologi informasi seperti sekarang ini seringkali kita mendengar kata pulsa. Sepertinya pulsa itu adalah sesuatu yang sangat penting...dan kenyataannya itu memang benar. Pulsa itu ibarat roh/nyawa bagi sebagian orang, bagi sebagian orang lagi pulsa ibarat makanan yang dapat mengenyangkan keingintahuan kita (sok puitis ya...hehe). Pokoknya pulsa itu adalah sesuatu yang setiap saat kita inginkan...itu aja..titik..!!

Waduh...kok jadi marah gini ya... 


Mmmm...begini lho maksud saya... Sebenarnya pulsa itulah yang menjadikan HP Kita dapat menjadi sebuah alat komunikasi. Karena tanpa pulsa, HP cuma akan menjadi barang mainan yang tidak dapat digunakan sebagai media penghubung untuk komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh. Iya kan...!?

Lha terus... apa sih sebenarnya arti pulsa itu?? 

Mari..Sekarang coba kita buka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), menurut KBBI pulsa ialah :
pulsa /pul·sa/ n 1 denyut nadi yang terjadi karena detak jantung; 2 tegangan atau arus yang berlangsung beberapa lama berbentuk segi empat atau gelombang sinus; 3 satuan dalam perhitungan biaya telepon; 4 Mus rangkaian denyutan berulang secara teratur yang terasa dalam musik, jika pulsa itu terdengaran disebut ketukan


Nah...kalau kita mengacu pada KBBI diatas, terdapat 4 makna yang berbeda. Tapi yang sesuai dengan bahasan kita ini tentunya arti yang ketigalah yang paling tepat. Jadi dapat dikatakan bahwa definisi pulsa menurut KBBI adalah Satuan Perhitungan Biaya Telepon.

Sedangkan maksud dari definisi tersebut yang sebenarnya, pulsa itu adalah satuan perhitungan biaya telepon yang kita bayarkan di depan (prabayar) kepada salah satu provider untuk dapat menggunakan layanan dari provider tersebut. Atau disebut juga Voucher Isi Ulang.

Tapi sekarang pulsa dapat diartikan juga sebagai alat perhitungan atau sistem perhitungan dalam menentukan tarif pelanggan. Karena saat ini pulsa juga berfungsi untuk pembayaran tarif listrik atau sebagai satuan perhitungan biaya listrik...bener gak..!?

Bagaimana...? Dari penjabaran diatas sudah paham kan apa yang dimaksud dengan pulsa..!?

OK... Kalau sudah paham...
Sekarang apa yang dimaksud dengan Pulsa Elektronik atau Pulsa Elektrik...?
Pulsa Elektronik atau Pulsa Elektrik adalah voucher isi ulang yang bersifat non fisik, sedangkan yang fisik berbentuk kartu voucher.

Terus...yang benar itu Pulsa Elekronik apa Pulsa Elektrik ?

Begini...kalau menurut saya pribadi, dari kedua kata diatas yang benar adalah Pulsa Elektronik. Karena elektronik artinya adalah sesuatu yang bekerja secara elektronika, sedangkan Elektrik artinya adalah listrik atau sesuatu yang berhubungan dengan setrum. Maka Pulsa Elektroniklah yang menurut saya benar... iya gak..!? Masak pulsa kok ada setrumnya...kan aneh...he..he... (hati-hati ya kalau beli pulsa...nanti kesetrum lho....wkkkk)

Eit...tenang...itu dulu sebelum saya tahu yang sebenarnya....

Mari kita buka lagi KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), menurut KBBI elektronik ialah :
elektronik/elek·tro·nik/ /éléktronik/ n alat yang dibuat berdasarkan prinsip elektronika; hal atau benda yang menggunakan alat-alat yang dibentuk atau bekerja atas dasar elektronika

Kita coba buka juga arti kata elektrik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), menurut KBBI elektrik ialah :
elektrik/elek·trik/ /éléktrik/ n listrik

Nah...dari penjabaran KBBI diatas, ternyata apa yang saya yakini selama ini kalau yang benar Pulsa Elektronik itu memang betul...100% benar. Tidak salah lagi... 

Tapi dalam sehari-hari ternyata Pulsa Elektriklah yang sering keluar dari mulut banyak orang. Di konter-konter HP/Pulsa pun Pulsa Elektrik yang selalu menghiasi MMT mereka. Bahkan kalau kita tulis pulsa elektronik di Google Search pasti akan ada tulisan Showing results for pulsa elektrik.

Hmmm... Lalu bagaimana menurut Anda..?
Mungkin ada yang lebih tahu atau dapat memberikan penjelasan.... Silahkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar